Sejarah Bangsa Aceh

aceh.jpgKamis, 3 Mei 2007, 00:44 WIB
ARSIP
60 TAHUN IKUT INDONESIA
Hikayat Negara Kaya di Kampung Global

Reporter : Achmady & Dandhy – Jakarta

Sebut satu wilayah termiskin di Indonesia. Nanggroe Aceh Darussalam jawabannya. Pada 2001, penduduk miskinnya mencapai 1,1 juta jiwa. Setahun kemudian naik menjadi 1,2 juta dan terus melonjak hingga 1,6 juta orang pada 2003. Ini artinya, sekitar 40 persen orang Aceh hidup melarat.

Padahal, di masa pemerintahan Sultan Ali Ibrahim Mughayat Syah pada abad ke-15, Aceh dikenal sebagai negara yang kaya hasil bumi. Kerajaan memerintahkan rakyat untuk menggiatkan sektor pertanian dan melakukan perdagangan dengan bangsa lain. Tergiur kekayaan itu pula, dunia berlomba-lomba melakukan perdagangan dengan Aceh, mulai dari Tiongkok, Arab, India, dan bahkan Amerika Serikat.

Tak heran bila peneliti Universitas Utrecht, Belanda, Karel Steenbrink, mencatat bahwa perselisihan antara Aceh dengan bangsa Barat berawal dari transaksi hasil bumi berupa lada. Di bulan Juni 1599, dua pedagang Belanda, Frederik dan Cornelis de Houtman ingin membayar lada yang dibelinya dari Aceh dengan emas dan perak.

Tapi saking kayanya, Sultan Aceh di masa itu, Ala’adin Ri’ayat Syah Sayyid al-Mukammil menampik pembayaran tersebut. Sultan ingin ‘imbal dagang’ saja. Lada ditukar dengan dukungan Belanda terhadap Aceh yang tengah berperang melawan Johor. Konkretnya, Aceh butuh kapal laut yang besar dan cepat, ditambah dengan meriam. Bukan apa-apa, kendati memiliki uang, namun barang seperti ini sulit dibeli. Sebab, Kerajaan Belanda sendiri melarang perusahaan-perusahaan dagangnya terlibat dalam kegiatan perang, termasuk suplai logistik.

Menurut Karel dalam tulisannya di TEMPO, Agustus 2003, konflik tentang tata cara pembayaran lada inilah yang menjadi cikal bakal peperangan selama ratusan tahun di Aceh. Konflik yang sudah berbumbu sentimen agama.

Apalagi, sejak abad ke-16 hingga abad ke-17 sahabat terdekat Aceh adalah Turki, karena banyak orang Turki datang untuk berdagang dan mengajarkan Islam. Begitu dekatnya hubungan ini sampai-sampai keduanya memiliki bendera yang sama, bergambar bulan sabit dan bintang. Keduanya juga sama-sama menerapkan syariah Islam. Ketika Turki berperang melawan Eropa, Kerajaan Aceh turut memihaknya.

Pendek kata, untuk menggambarkan kekayaan Tanah Rencong di masa itu, Guru Besar Sejarah Universitas Gajah Mada, Prof Dr Ibrahim Alfian punya catatan yang akurat. “Universitas terkenal di Amerika, Yale University juga dibangun dari hasil keuntungan perdagangan dengan Aceh pada abad ke-17,” katanya.

Ibrahim Alfian sendiri adalah putra Aceh Timur yang sudah puluhan tahun meneliti sejarah leluhurnya. Untuk mengumpulkan dokumen-dokumen sejarah, ia telah melanglang buana ke Belanda, Perancis, Malaysia, serta memeriksa sejumlah dokumen tua. Dari hasil penelitiannya pula, teka-teki tentang peralihan kekuasaan dari sultan kepada anak cucu Cik Di Tiro sedikit terkuak. Sebab, ihwal ini juga menjadi salah satu akar konflik karena pemimpin Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Hasan Tiro mengklaim sebagai penerus sah kekuasaan di Aceh.

Ceritanya bermula pada pada 1819, saat Kerajaan Inggris dan Kesultanan Aceh menandatangani kerjasama pertahanan. Bagi Inggris, perjanjian itu sangat penting untuk memuluskan langkah mereka menguasai Selat Malaka, jalur perdagangan paling strategis di planet ini. Selain itu, mereka juga berkepentingan ingin menduduki Malaysia, Singapura (Tumasik), dan tempat-tempat strategis lainnya di sebelah utara-timur Selat Malaka.

Sebaliknya, bagi Kerajaan Aceh, kerjasama dengan Inggris menguntungkan secara politik karena negara itu adalah super-power di zamannya. Perjanjian ini juga sebuah kemenangan diplomasi Aceh atas Belanda. Sebab, sejak awal abad ke-18, Kerajaan Aceh, Inggris, dan Belanda saling berlomba menancapkan kukunya di Lautan Malaka. Adapun yang berperan menggalang kerjasama Inggris-Aceh adalah si pembangun Singapura yang tersohor, Sir Stamford Raffles.

Inggris pun menyadari bila kerajaan Aceh tak bisa dianggap enteng. Portugis punya pengalaman pahit berurusan dengan orang Aceh. Dalam usahanya menguasai Semenanjung Malaka pada pertengahan abad ke-15, Portugis berhadapan dengan angkatan perang Aceh yang melawan dengan sengit dan berkesinambungan di bawah pimpinan Sultan Ali Mughayat Syah (1524-1530), Sultan Salahuddin (1528-1537), Sultan Ala’adin Ri’ayat Syah Al Qahhar (1537-1571), Sultan Ala ad-Din Mansyur Syah (1579-1586), Sultan Ala’adin Ri’ayat Syah Sayyid al-Mukammil (1587-1604), hingga mencapai masa keemasan saat pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636).

Portugis sendiri akhirnya mundur teratur hingga ke tanah Sunda dan Demak setelah menaklukkan Malaka, tanpa Aceh. Aceh sendiri justru memukul balik dengan membantu Pati Unus dari Demak dalam ekspedisi ‘ganyang Portugis’ di Semenanjung Malaka, kendati gagal pada 1513.

Kerajaan Belanda pun semula segan dan sangat menghormati kedaulatan Aceh. Saat berhasil menaklukan Jawa pada 1596, Belanda tak berani menyerang Aceh. Malah hubungan dagang antara Aceh-Belanda terjalin baik. Hubungan ini tertuang dalam Perjanjian Persahabatan dan Perdagangan pada 30 Maret 1857. Perjanjian tersebut memperkuat komitmen Belanda yang mengakui kedaulatan Aceh. Belanda bahkan terikat Traktat London (1821) yang mengharuskannya menghormati kedaulatan Aceh.

Namun nafsu menguasai Sumatera agaknya terus menggelegak. Mulanya Belanda menguasai Kerajaan Siak dan Deli pada 1858, sebelum akhirnya melirik Malaka dan Aceh. Untuk memuluskan rencananya, diam-diam Belanda melakukan konspirasi dengan Inggris dalam Traktat Sumatera (1971). Isinya, Inggris memberi keleluasaan pada Belanda untuk memperluas kekuasaannya di Sumatera. Dan sebagai imbalannya, Belanda harus menyerahkan salah satu wilayah jajahannya di Afrika yang bernama Gold Coast kepada Inggris.

Sikap Inggris jelas merupakan pengkhianatan. Perang antara Aceh dan Belanda pun pecah sejak 1873. Pasukan Belanda mengerahkan 3.000 tentara di bawah pimpinan Mayor Jenderal Kohler yang mengerahkan kapal perang Citadel van Antwerpen. Jumlah bala tentara ini merupakan terbesar yang pernah dikumpulkan Belanda di Asia Tenggara.

Antara 26 Maret hingga 23 April 1873 pejuang-pejuang Aceh di bawah Sultan Mahmud Syah mempertahankan garis pantainya dari operasi amfibi Belanda. Jenderal Kohler sendiri berhasil ditangkap dan kemudian dieksekusi. Ini adalah kekalahan Belanda paling memalukan di Asia Tenggara. Sejak itu, Belanda kian memperkuat pasukannya di Aceh.

Lalu apa hubungannya semua ini dengan peralihan kekuasan dari sultan ke leluhur Hasan Tiro?

Setahun setelah Kohler tewas, tepatnya 26 Januari 1874, Sultan Mahmud menyusul. Kerajaan Aceh pun mulai goncang karena putra mahkota, Muhammad Daud Syah, masih kecil. Namun karena tuntutan konstitusi, mau tak mau, kerajaan harus tetap melantik Daud Syah sebagai sultan. Ada yang mengatakan, saat dilantik, umur Daud masih di bawah 10 tahun. Tapi ada pula yang menyebut usianya sudah 12 tahun.

Selama dipimpin Sultan Daud Syah, kerajaan Aceh benar-benar porak poranda. Prof Alfian menyebutnya sebagai keturunan Iskandar Muda yang paling lemah. Dalam kondisi itulah, Teungku Tjhik Di Tiro Muhammad Saman—ulama kepercayaan kerajaan—mengambilalih pasukan.

Sampai di sini, sejarah Aceh berbuah kontroversi tentang siapa sebenarnya pemimpin Aceh pada masa itu. Sebab ada yang menyebut Sultan Daud Syah sudah tak diakui lagi sebagai raja. Kendali pemerintahan pun praktis beralih ke tangan Tjhik Di Tiro Muhammad Saman.

Namun menurut Prof Alfian, Sultan Daud Syah sama sekali tidak pernah menyerahkan kekuasaannya kepada Tjhik Di Tiro atau keturunannya. Hanya saja, fakta sejarah memang membenarkan Sultan Daud Syah sangat tidak berwibawa sebagai pemimpin.

Selama dipimpin Tjhik Di Tiro, perlawanan rakyat Aceh justru mampu membuat pasukan Belanda kerepotan. Wilayah yang sempat direbut Belanda, berhasil dikuasai kembali oleh pejuang Aceh. Pengaruh Tjhik Di Tiro yang begitu besar membuatnya semakin berani menentang Sultan Daud Syah.

Dalam bukunya De Atjehers, Snouck Hurgronje mengakui, pengaruh Tjhik Di Tiro lebih hebat ketimbang sultan. Tak heran jika kemudian nama Sultan Daud Syah tenggelam seiring dengan sikapnya yang lebih banyak berdiam di persembunyian. Sejak itu, darah biru Iskandar Muda tak lagi menjadi panutan rakyat. Kaum ulama dan pejuang lebih diperhitungkan.

Pengaruh Sultan Daud Syah makin tak berarti setelah pada 1903, ia menyerah kepada Belanda. Ia sempat dipindahkan ke Ambon, kemudian ke Batavia, dan mangkat pada 6 Februari 1939.

Sementara Tjhik Di Tiro memilih tidak menyerah. Setelah kematiannya pun, perlawanan rakyat dipimpin anak cucunya. Keturunan Tiro terakhir yang memimpin perlawanan melawan pasukan Belanda adalah Teungku Maát Di Tiro atau dikenal dengan Teungku Cik Di Tiro dalam khasanah kepahlawanan nasional.

Nah, fakta sejarah ini lah yang menjadi acuan GAM sehingga menyebut Hasan Tiro–cucu Teungku Maat Di Tiro—pantas melanjutkan kepemimpinan kakeknya. “Dengan sistem kesultanan itu, seharusnya Hasan Tiro merupakan Wali Negara Aceh,” kata Yusra, Jurubicara GAM yang tinggal di Denmark dalam sebuah tulisannya. GAM sangat mempercayai sejarah ini berdasarkan surat yang dikeluarkan Kesultanan Aceh kepada keluarga Cik Di Tiro.

Namun Ibrahim Alfian membantah argumen itu. Dokumen kerajaan yang diberikan untuk keturunan Cik Di Tiro, kata Alfian, bukanlah surat pengalihan kekuasaan, melainkan surat permintaan dari pejabat kerajaan untuk keturunan Tiro, agar Aceh menyerah kepada Belanda jika kekuatan sudah tidak memungkinkan. “Sama sekali tidak pernah ada peralihan kekuasaan dari sultan kepada Cik Di Tiro dan keturunannya,” kata Alfian.

Perdebatan ini belum usai hingga kini. GAM sendiri bersikukuh dengan sejarah versi mereka yang mendudukkan Hasan Tiro sebagai Wali Negara Aceh. Namun menurut sosiolog Aceh, Otto Syamsuddin Ishak, surat sultan itu sebenarnya adalah surat perintah pengalihan kekuasaan sementara. “Seperti Supersemar lah, karena situasi sedang darurat. Logikanya, kalau kondisi sudah stabil, ya dikembalikan lagi,” tandasnya.

Entah mana yang benar. Otto sendiri mengaku tak terlalu tertarik memperdebatkan masalah ini. “Yang jelas, sudah ratusan tahun lampau, orang Aceh bersikap terbuka dan bergaul dengan berbagai bangsa di dunia. Aceh itu kampung global. Karena itu, aneh bila ada yang mengkhawatirkan internasionalisasi masalah Aceh,” katanya. [dan]

sumber : http://acehkita.com/?dir=news&file=detail&id=1842

About these ads

  1. Evy

    Banyak pahlawan wanita yang terkenal dari Aceh ya pak, Cut Nyak Dien, Cut Meutiah, Malahayati, wah wanita Aceh gagah perkasa salut aku, padahal itu jamannya wanita di jawa di pingit..mereka malah memimpin armada perang sekaligus guru ngaji, betapa majunya

  2. Drs. MAIMUN IBRAHIM, MSi

    Kedaulatan Kerajaan Aceh ” Berada pada Rakyat Aceh ” Dipimpin oleh Sultannya yang masih kecil….Dilanjutkan oleh Wali Nanggroe Tgk. Chik Di Tiro dan Rakyat untuk meneruskan
    perjuangan…melawan penjajahan….Belanda Bertanggung Jawab terhadap porak-poranda, keonaran dan ketertinggalan Aceh…terima kasih perhatian dunia terhadap Aceh yang damai dan menghargai sejarah….HEROIK

  3. Angre

    hebat ini

    saya kagum

    web ini dapat saya gunakan untuk keperluan tugas sejarah

    thx bgt bwat yg bikin web ini

    Angre
    fs : dx_in_jogja@yahoo.com

  4. Borhan

    assalamualaikum,

    Selapas terbacha choretan yang di tulis di atas, saya sangat kagum dan sangat gembira sekali membacha tentang sejarah tanah renchong ini.Saya ingin sekali tahu ade kah ketrurnan sultan aceh yang masih hidup sekarang? dari itu saya sangat sangat berharap bapak yang
    yang menulis choretan ini untok menghubongi saya pada email di atas kerana saya ade gambar yang mungkin bapak bisa kenali atau bisa menghidupkan sejarah kesultanan aceh.

    terima kasih.

    • salam….

      Saya tertarik dgn kisah2 sejarah dari utara Sumatera ini. Saya sebenarnya ingin mencari tau juga..asal usul datuk saya iaitu bapa kepada ibu saya. Ibu saya pernah menceritakan bahawa bapanya berasal dari indonesia…beliau lari ke tanah melayu (Negeri Melaka) sekitar awal 1900an.. beliau tidak ingat tahun sebenarnya. Bapa nya lari setelah kediaman nya terbakar…boleh jadi disebabkan pemberontak atau apa saja…

      Setelah sampai di Melaka..beliau (Allahyarham) menukar nama dan berkahwin dgn orang tempatan iaitu nenek (Almarhumah) saya. Kata ibu ..bapanya seorang kerabat…adakah ada kaitan cerita ini..?

  5. Borhan

    email saya: dmarco_07@hotmail.com

    Borhan, wassallam..

  6. gila aja

    yang akan menjadi RAJA ACEh adalah pewaris rencong raja pasee…. ( salah satu nya yang sebagai wali negara ,, rencong itu pernah di pegang oleh Tgk. Cik ditiro/.bukan brarti di warisi hasan tiro… bisa saja ya bisa saja tidak… )

    itulah sultan sebenarnya???
    ada 3 rencong yang terkubur oleh sejarah majapahitisme
    saya waktu sd… baca sejarah majapahit… ada tebal 1 cm… tapi sejarah aceh,,, cuma dua lembar… ada apa yang sebenarnya??? apa yang musti di tutup tutupi…:)

    ketiga rencong itu penuh kekuatan yang aneh…
    bila di lihat pakai mata telanjang… bentuknya murni rencong..
    bila di lihat secara spiritualis…. berbentuk makhluk binatang yang di anggap mitos oleh dunia…( kebetulan yang membuatnya seorang ulama persia .. silahkan tebak sendiri dan cari tau sendiri)
    kabarnya gagangnya dari tanduk sapi emas krung raya lanteba…… makanya pulang pulang kampung ke lanteba… ie suum cari tau ma nenek kakek kita di sana… jangan klaim sana klaim sini…hehehehehehe

    hati hati dengan yahudi…
    hati hati dengan wanita yahudi yang menyamar masuk islam…( maaf… cari sendiri itu istri siapa??) efeknya sangant besar..
    indonesia sendiri benci yahudi kan??? islam juga kaN???
    jadi,,,, jangan persulit aceh…
    bantu aceh,,,,bukan di benci…
    maaf… ga banyak sumber… dan ga ada narasumber…
    aku takut efeknya ngeri…
    sudahlah,,,, sudah banyak sekali korban di aceh… cukuplah sudah,,,,, pewaris sultanya itu masih hidup semua ( perasaan sih..hehehE)
    ada waktunya sultannya yang asli keluar….
    jangan di rebut lagi kekuasaanya
    banyak kali udah korban dalam memperjuangkan negri aceh kita…

    aceh lhee sago…( rencongnya juga tiga…) :)

    aceh punya hubungan erat dengan persia

    andaikata anda seorang sultan yang sebenarnya??? dan ada baru sadar bahwa rencong yang di warisi ternyata rencong yang di maksud… bagaimana dan apa yang akan anda lakukan??? ingat,,, jika anda baru menyadari bahwa tahun 2008 .. rencong raja pasee itu anda pewarisnya?????
    jadi andapun ga tau menau,,,,

    selama ini juga anda ga berjuang??? karena mungkin anda baru berumur 17 taun… atau mungkin 23 taun??? bagaimana cara menyampaikan ke publik???

    http://adang99.wordpress.com/

    buka juga url itu,,,, bnyak orang aceh ga tau kursi rajanya belum balik ke aceh….. tau apa mereka tentang yang sebenarnya… klaim sana … klaim sini… barangnya ga ada… kayak jual rentee buy aja… hehehe bercanda bang…
    oke gitu aja… pokoknya yang punya barang semua masih hidup( saya yakin sekali …) cap sikureung dimana??? jangan klaim sana klaim sini kalo barang tak ada…
    bang … perjuangkan tanah kita yang berdaulat,,,, didik anak cucu kita dengan meluruskan sejaran… jangan jadi korban sejarah palsu….
    jangan terlalu makan doktrin2 penguasa…..
    yang hanya ingin merebut kembali singgasana aceh yang bukan jadi hak dia…
    berikan kepada yang hak.
    pakat pakat peusuelamat naggroe…
    AllAHU AKBAR…

  7. gila aja

    yang akan menjadi RAJA ACEh adalah pewaris rencong raja pasee…. ( salah satu nya yang sebagai wali negara ,, rencong itu pernah di pegang oleh Tgk. Cik ditiro/.bukan brarti di warisi hasan tiro… bisa saja ya bisa saja tidak… )

    itulah sultan sebenarnya???
    ada 3 rencong yang terkubur oleh sejarah majapahitisme
    saya waktu sd… baca sejarah majapahit… ada tebal 1 cm… tapi sejarah aceh,,, cuma dua lembar… ada apa yang sebenarnya??? apa yang musti di tutup tutupi…:)

    ketiga rencong itu penuh kekuatan yang aneh…
    bila di lihat pakai mata telanjang… bentuknya murni rencong..
    bila di lihat secara spiritualis…. berbentuk makhluk binatang yang di anggap mitos oleh dunia…( kebetulan yang membuatnya seorang ulama persia .. silahkan tebak sendiri dan cari tau sendiri)
    kabarnya gagangnya dari tanduk sapi emas krung raya lanteba…… makanya pulang pulang kampung ke lanteba… ie suum cari tau ma nenek kakek kita di sana… jangan klaim sana klaim sini…hehehehehehe

    hati hati dengan yahudi…
    hati hati dengan wanita yahudi yang menyamar masuk islam…( maaf… cari sendiri itu istri siapa??) efeknya sangant besar..
    indonesia sendiri benci yahudi kan??? islam juga kaN???
    jadi,,,, jangan persulit aceh…
    bantu aceh,,,,bukan di benci…
    maaf… ga banyak sumber… dan ga ada narasumber…
    aku takut efeknya ngeri…
    sudahlah,,,, sudah banyak sekali korban di aceh… cukuplah sudah,,,,, pewaris sultanya itu masih hidup semua ( perasaan sih..hehehE)
    ada waktunya sultannya yang asli keluar….
    jangan di rebut lagi kekuasaanya
    banyak kali udah korban dalam memperjuangkan negri aceh kita…

    aceh lhee sago…( rencongnya juga tiga…) :)

    aceh punya hubungan erat dengan persia

    andaikata anda seorang sultan yang sebenarnya??? dan ada baru sadar bahwa rencong yang di warisi ternyata rencong yang di maksud… bagaimana dan apa yang akan anda lakukan??? ingat,,, jika anda baru menyadari bahwa tahun 2008 .. rencong raja pasee itu anda pewarisnya?????
    jadi andapun ga tau menau,,,,

    selama ini juga anda ga berjuang??? karena mungkin anda baru berumur 17 taun… atau mungkin 23 taun??? bagaimana cara menyampaikan ke publik???

    http://adang99.wordpress.com/

    buka juga url itu,,,, bnyak orang aceh ga tau kursi rajanya belum balik ke aceh….. tau apa mereka tentang yang sebenarnya… klaim sana … klaim sini… barangnya ga ada… kayak jual rentee buy aja… hehehe bercanda bang…
    oke gitu aja… pokoknya yang punya barang semua masih hidup( saya yakin sekali …) cap sikureung dimana??? jangan klaim sana klaim sini kalo barang tak ada…
    bang … perjuangkan tanah kita yang berdaulat,,,, didik anak cucu kita dengan meluruskan sejaran… jangan jadi korban sejarah palsu….
    jangan terlalu makan doktrin2 penguasa…..
    yang hanya ingin merebut kembali singgasana aceh yang bukan jadi hak dia…
    berikan kepada yang hak.
    pakat pakat peusuelamat naggroe…
    AllAHU AKBAR…

    ACEH ITU KUNCI DUNIA….
    ORANG YANG DI SYAHADATKAN OLEH RASUL DALAM MIMPINYA ADALAH MERAH SILU
    IBNUBATUTAH SAMPAI KE ACEH JUMPAI MERAH SILU SEBAGAI ISLAM UTUSAN
    SIAPKAH YANG DI UTUS KE TIMUR JAUH OLEH NABI???
    INGAT… AL MAHDI DATANG DARI TIMUR JAUH
    SALMAN ALFARISI… FATIMAH… DAN ALI BIN ABITAHLIB LARI DARI KEJARAN UMAIAH DALAM EXPEDISI BANDAR KHALIFAH DI PERLAK…. SEBELUM IBNUBATUTAH KE ACEH…MENYEBARKAN ISLAM
    INGAT… APA YANG DI CARI YAHUDI DI ACEH??? TENTANG HARTAKARUN NEGRI SABA DI NUSANTARA….
    NUSANTARA ADALAH SECERCAH TANAH SURGA SETELAH DI INJAK DAN DI LALUI NABI MULKAN ( BAPAK NABI KHAIDIR)
    ACEH ERAT KAITANNYA DENGAN PPERSIA SERTA TEKATEKI DUNIA YANG DI SIMPAN DI ACEH….
    SEJARAH BANYAK MENYIMPANG …… INGAT ITU…

  8. gila aja

    pakah benar??? ramalan joyo boyo majapahiT?????? penjaga pelindung ratu adil????

    ataukah penjaga ,,,1 orang ,,, pemilik,,, 1 orang … pelindung 1 orang???

    apa hubungan dengan cap sikureung??? penjaga pelindung cap sikureung

    ato degan rencong yang tiga itu

    apa di cari sukarno di aceh????

    dengan joyoboyo maja pahit isme nya???

  9. gila aja

    KLAIM SANA KLAIM SINI……

    CURIGA BOEH
    NUDUH JANGAN,…
    HEHEHE……………

    BANYAK2 INGAT ALLAH
    BIAR DI KASI TAU YANG GA ORANG TAU…
    SHOLAT DULU BARU ZIKIR
    JANGAN ZIKIR AJA BARU SHOLAT… BISA BISA JIN YANG KASI ILHAM SESAT

    SALAM KEU KAOM

  10. a k

    terima kasih atas komentar blog http://adang99.wordpress.com/ kursi antik. mari sama2 mengkaji kursi ini, kita sama2 belajar, tentang riwayat kursi sulit untuk dibuktikan, kalaupun riwayat itu benar tuh kursi itu baru mau dipersembehkan, tapi Sultan Malik Al Saleh keburu wafat, dan penggantinya kurang respon thd kursi itu dan membuat Mpu Djanggaoe kecewa. bila ada yang ingin tahu kursi itu silakan kirim no hp kee mail .adang_99@yaoo.co.id Terima kasih

  11. trmksih pak wahyu atas ilmu sejarah aceh.krn kami sbg anak aceh kurang akan sejarah aceh sendiri..agar pak wahyu memperbanyak sejarah aceh…..tq

  12. salam kenal dulu, setelah itu saya mau minta tolong pada semua pembaca

    jika ada tanggal peristiwa aceh dari masa-kemasa mohon di bantu, aku sangat membutuhkannya. tanpa ada yang mencatat banyak sejarah yang terlupakan di aceh raya.
    terima kasih. saya salut dengan kareksi ini

  13. kaom

    Bait 27 Wangsit Siliwangi:
    Dene besuk nuli ana, Tekane kang Tunjung putih, semune Pudhak kasungsang, Bumi Mekah dennya lair, Iku kang angratoni, Jagad kabeh ingkang mengku, Juluk Ratu Amisan, Sirep musibating bumi, Wong nakoda milu manjing ing samuwan,”
    (“Kemudian kelak akan datang Tunjung putih semune Pudak kasungsang. Lahir di bumi Mekah. Menjadi raja di dunia, bergelar Ratu Amisan, redalah kesengsaraan di bumi, nakhoda ikut ke dalam persidangan.”)

    Ternyata Ratu Adil adalah orang yang lahir di Aceh. Bersyukurlah rakyat Aceh. Putra Aceh datang membantu orang Jawa.

    ”Prabu tusing waliyulah, Kadhatone pan kekalih, Ing Mekah ingkang satunggal, Tanah Jawi kang sawiji, Prenahe iku kaki, Perak lan gunung Perahu, Sakulone tempuran, Balane samya jrih asih, Iya iku ratu rinenggeng sajagad.”
    (“Raja utusan waliyullah. Berkedaton dua di Mekah dan Tanah Jawa. Letaknya dekat dengan gunung Perahu, sebelah barat tempuran. Dicintai pasukannya. Memang raja yang terkenal sedunia.”)

    Karena putra daerah ini sudah memimpin Indonesia di Jawa. Rakyat Aceh pun membuat kraton untuknya di tanah kelahirannya.

    Ya, Ratu Adil ternyata dari Aceh. dan keturunan ulama yang termasuk wali.

  14. Borhan

    Assallmualaikum,

    Setelah membacha berapa kali commentar dari Pak atau Ibu “gila aje”, saya pasti yang menulis commentar ini bukan gila orang nya.Ia berbentuk kiasan yang
    indah kalau di bacha berepa kali.Ya, ia di tulis dan di karang
    se olah2 ia bisa membacha maksud saya yang sebenar.
    Saya pasti penulis “gila aje” ini mempunyai
    pengetahuan sejarah aceh bergitu dalam! 105 tahun
    yang lepas terlampau lama… jadi saya sangat2 berharap jika saya bisa berhubong dengan penulis “gila aje” ini.
    Saya ingin sekali bertanya tentang sejarah2 orang besar
    aceh dan minangkabau yang ada bersangkut paut dengan
    family saya selama 105 tahun.

    Terima Kasih.
    Wassallamm.

  15. gila aja

    Sobat muda muslim, Allah juga mengharamkan menjadikan orang-orang kafir sebagai penolong kaum muslimin. Allah berfirman: Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menjadikan orang-orang kafir sebagai penolong dengan meninggalkan orang-orang Mukmin. Inginkah kalian mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksa kalian). (QS an-Nisa� [4]: 144) saya kutip di http://www.dudung.net/print-artikel/aceh-membara.html
    wah berat juga nich…negara donor jg sebagian besar sangat duminan dengan dunia barat…. amerika…. jangan kyak irak .. separatis kurdi di dukung amrik dan kawan2… di obok obok deh irak dan sekitarnya….. kalo aceh di suport negara barat….. kira kira siapa yang kena obok obok??
    om burhan orang mana?? tinggal dimana?? anak turun raja ke??hihihihihihi om saya juga cari jati diri…..

    saya pengin ngungkap jg masalah teuku / cut ampon yang asli dan yang palsu… sayed syarifah yang asli dan yang palsu atau sekedar cuma pemberian ( contoh laksamana ceng ho…. nama islamnya syed ajjall ) karana pada dasarnya sayed pasangannya syayidah dah syarief adalah syarifah… sekarang kenapa yang ada cuma sayed dan syarifah…

    mengenai teuku dan cut nyak…. saya rasa ga ada raja aceh yang bergelar teuku… dan cut…. :)) orang padang jg ada teuku kan?? di aceh teuku nanta seutia adalah bapak cutnyak-din.sedangkan sebagian sejarah ada kabar teuku nanta seutia yang di sebut oleh orang padang adalah teuku nan-sati.

    sejauh ini teuku nyak setau saya keturunan bangsawan yang menjadi ulee balang.. alias seperti bupati… di daerah daerah… maaf buat teuku dan cut nyak …. ( anda bukan keturunan raja. tapi sekedar bangsawan ya sebut sajalah keturunan tangan tangan raja ;) sementara sih…. jangan marah ya pak teuku dan buk cut nyak…..

    sudah 5 bulan cari masalah ini belum ada titik akhir,.,,,, kuiah pun tak kunjung selesai… matii aku wang kuliah dah mahal… tinggal skripsi ni.. ada yang mau sumbang…??? hihihihihih

  16. gila aja

    Kerajaan Islam pertama yang dibina di Aceh adalah Kerajaan Perlak pada tahun 840 Masihi (225 Hijrah). Sultan pertama Kerajaan Perlak yang dipilih ialah Saiyid Maulana Abdul-Aziz Syah (kacukan Arab Quraisy dengan puteri Meurah Perlak) dan digelar Sultan Alaiddin Saiyid Maulana Abdul-Aziz Syah. Kerajaan ini berdiri sekitar 40 tahun selepas Islam tiba di Bandar Perlak yang dibawa oleh saudagar dari Teluk Kambey(Gujarat) pimpinan Nakhoda Khalifah. Kerajaan kemudiannya dikenali sebagai kerajaan Islam pertama di Nusantara.

    pemimpin itu dari bangsa qurasyi,,,,, ( hadist )

    waoooohhh….. gawat…… tuch kan benar…….
    saya yakin sekali untuk sementara… mnyangkut raja dunia… keturunan qurasy…. apakah adah isue al-mahdi di dunia nusantara????? ingat .. yahudi abshahan ciri cirinya jg bukan kyak orang arab kan??? muka nya bulat kulit coklat…( lebih mirip orang mongol ) boleh tentu al-mahdi cuma keturunan arab….. wah…. siapa sih keturunan qurays itu sekarang… yah.. tentunya jg orang aceh…. karena mamaknya orang aceh….. sampai hari ini aku belum tau orang aceh yang bermarga al-quraysi,…. ;) hayooo ada apa ini??? ada rencana Allah kah di aceh??? ( rencana allah itu tentunya berlaku semesta alam dunkzzz )

    oke…. SAVE ATHJEH TO SAVE ISLAM to SAVE THE WORLD… ( tapi donornya orang amrik hihihihihihihi )

    oke om BURHAN… dan LAINNYA… SAMBUT donK

  17. gila aja

    Kerajaan Islam pertama yang dibina di Aceh adalah Kerajaan Perlak pada tahun 840 Masihi (225 Hijrah). Sultan pertama Kerajaan Perlak yang dipilih ialah Saiyid Maulana Abdul-Aziz Syah (kacukan Arab Quraisy dengan puteri Meurah Perlak) dan digelar Sultan Alaiddin Saiyid Maulana Abdul-Aziz Syah. Kerajaan ini berdiri sekitar 40 tahun selepas Islam tiba di Bandar Perlak yang dibawa oleh saudagar dari Teluk Kambey(Gujarat) pimpinan Nakhoda Khalifah. Kerajaan kemudiannya dikenali sebagai kerajaan Islam pertama di Nusantara.

    baca http://njaknii.multiply.com/reviews/item/13 sebagai referensi saya sebagian kecil saya kutip dari sini…;)

    pemimpin itu dari bangsa qurasyi,,,,, ( hadist )

    waoooohhh….. gawat…… tuch kan benar…….
    saya yakin sekali untuk sementara… mnyangkut raja dunia… keturunan qurasy…. apakah adah isue al-mahdi di dunia nusantara????? ingat .. yahudi abshahan ciri cirinya jg bukan kyak orang arab kan??? muka nya bulat kulit coklat…( lebih mirip orang mongol ) boleh tentu al-mahdi cuma keturunan arab….. wah…. siapa sih keturunan qurays itu sekarang… yah.. tentunya jg orang aceh…. karena mamaknya orang aceh….. sampai hari ini aku belum tau orang aceh yang bermarga al-quraysi,…. ;) hayooo ada apa ini??? ada rencana Allah kah di aceh??? ( rencana allah itu tentunya berlaku semesta alam dunkzzz )

    oke…. SAVE ATHJEH TO SAVE ISLAM to SAVE THE WORLD… ( tapi donornya orang amrik hihihihihihihi )

    oke om BURHAN… dan LAINNYA… SAMBUT donK

  18. Borhan

    Bismillah Nirahman Nirajimm.

    Assallamualaikum,

    Terlebih dahulu saya ingin menguchapkan salam lebaran kepada semua terutama sekali om gila aja yang tidak bernama.
    Terima kasih juga kepada om gila aja yang sempat menyambong choretan nya tentang sejarah Aceh.

    Jawapan pada Om gila aje, Saya di lahirkan di Singapura
    dan sekarang menetap juga di Singapura.
    Tentang sejarah family saya, terlampau rumit dan panjang
    dan dari kechil umor saya masa itu 17 tahun, datok
    angkat saya selalu berkata bahwa ibu saya adalah
    keturunan Raja Aceh yang asli.Pada Masa itu juga Datok
    angkat saya sempat temui Datuk saya yang asli dari Aceh
    di kata kan juga bahwa kedua2 kakek saya yang asli telah
    melarikan diri ke Singapura daripada di hapuskan.Dengan
    saya juga ada gambar Datuk saya serta orang besar yang
    saya tidak kenal berpakaian serba putih belanda dan kedua
    dua nya dengan songkok serta “badge” di kiri.
    Di fahamkan juga bahwa hanya raja2 pagaruyung saja
    yang memakai songkok serta badge pada zaman itu.
    Oleh kerana Tsunami lah minat saya tentang Aceh mula
    berkobar2 om .. Kebetulan juga anak saya yang sulung
    ada ke aceh pada masa membangunkan aceh semula
    menerusi mercy relieve [singapore] ada mengatakan
    bahwa mirip saya juga ada mirip Sultan Iskandar Muda.
    Dari itu juga saya telah buat banyak rujukan tentang Aceh
    dan terperanjat juga apa bila gambar Datuk saya yang dari
    Aceh mirip nya seratus percent sama dengan pahlawan
    pahlawan aceh pada masa belanda dahulu dan cicit2 nya sekarang.Insallahh kalau di takdirkan tuhan sampai juga
    saya ke Aceh Om. [ Di maklumkan juga Curator measum
    Aceh juga ingin juga menjumpa saya].
    Doa2 kan yang Om..

    Oh ya tentang save Aceh to save islam to save the world?
    tapi donornya orang amrik…

    Bagaimana bisa kita save Aceh by ourself? Kebanyakan
    duit2 yang di perolehi oleh kita semua nya sudah di curik
    dan di hantar ke luar negeri.Semua orang tahu Om.. yang
    patut di tembak saja pembesar2 yang corrupsi.
    Amrik itu negra double standard om..
    Akhir kata Om. Kalau di kebok,rodok,tembak and gantung..
    di dalam nya tetap ORANG ACEH.. amin

    Sekian ,
    Wassallam.. Borhan,

  19. kasihan orang aceh. kalah dengan orang jawa.
    hehehehe… hahahaha.

    hahahahahaaha… hahahahaha….

  20. rencong aja kok dibanggain.
    aku berakin rencong aceh lu.

  21. apalambak

    buat RADEN FATAH hahaha tolol kali ko babi…. ko hina orang aceh… tapi ko ga tau nama raden fatah itu nama siapa?? siapa yang bilang raden fatah itu orang jawa?? RADEN FATAH itu asal ko tau di dari air kontol orang aceh…!!! makanya bagus bagus ko jangan hina orang aceh. raden fatah itu salah satu sultan aceh yang di tugaskan untuk islamkan jawa kontol tau ko?? !! makanya dia di suru kawen dengan anak sultan trenggono.sultan trenggono ngemis ngemis sama orang aceh supaya anaknya di kawenin. JAGA MULOT KO..!!!

  22. dmarco

    Kepada So called Radin Patah,
    Sangat sangat sedih sekali website yang murni ini di cemar
    oleh perkataan2 yang tidak sepatutnya di tulis.Jadi,tangakapan saya
    bahwa kalian ini bukan orang islam semata2 nya.Dan saya juga pasti kalian ia lah manusia yang tidak pernah ke luar negeri.Tidak kah kalian tahu bahwa tanggapan orang luar
    ia lah bangsa jawa itu bangsa yang paling bodoh? dan hidup
    hanya bergelumuran dengan kurropsi? Kalian bernasib baik
    kerana masa itu orang2 GAM tidak ada yang pandai2 dan
    berkemampuan stretegy stretegy yang hebat2.Jangan
    khuatir, innshaallah… satu hari nanti bila tiba masa
    nya.. so called radin patah akan melihat anak2 dan
    saudara2 nya akan terbakar dengan radin patah sekali.
    Kalian ingat! Yang patah tetap berganti…

    Oi Radin Bodoh! tidak kan kalian tahu semangkin hari
    manusia semangkin pandai? I think u eat too many
    tempeh lah!!

  23. Meurah syah

    Bicara masalah rencong aceh, pada keluarga kami punya satu pusaka. Yg disebut rincong peualeh. Lontuan sendiri pernah menggunakannya. Memang memiliki beberapa kemampuan magis…

  24. utk:. raden patah dan apalambak!!!!

    coaba baca kembali apa yg kalian tlis, apakah tdk malu sendiri?, apalagi memakai nama2 yg mulia itu? Cobalah berdiskusi secara sopan!!!!!!!!!!!!!

  25. putra gara

    Aceh, tidak pernah dikalahkan oleh Tanah Jawa. Karena tahun 1350, ketika Samudera Pasai diserang Gajah Mada dan pasukannya dengan alasan sumpah palapa, ia tidak berhasil menaklukan pasai.

    Lalu pada tahun 1360, majapahit datang lagi. Kali ini ia membabibuta menumbangkan pasai. tetapi ada satu yang ia lupa, setelah kekuasaan Malikuddahir I dan Malikuddhahir II, penerusnya, Putri Nahrisyah, perempuan pemberani cikal bakal perempuan2 Aceh yang terhormat, berhasil mengirim Putri Jeumpa, orang kepercayaan Putri nahrisyah, ke tanah jawa yang akhirnya dinikahi oleh raja Brawijaya. dari rahim putri jeumpa itulah (orang jawa menyebutnya putri champa), lahir Radeh Patah, cikal bakal kerajaan islam di tanah jawa. dan Raden patahlah yang tidak mau tunduk kepada kekuasaan Majapahit hingga akhirnya Majapahit tumbang. Dan disanalah akhirnya lahir kisah wali sanga.

    Dan kalau saudara2ku ingin tahu kisah kejayaan Samudera Pasai, baca nanti novel yang saya tulis berjudul SAMUDERA PASAI (Cinta dan Peghianatan). Dan kelanjutannya PUTRI NAHRISYAH (istana yang hilang)

    saya kutif pernyataan Putri Nahrisyah dalam novel saya: “Di negeri Pasai yang kami cintai ini, kebencian telah ditanamkan Majapahit dari Tanah Jawa melalui peperangan. Maka, jangan salahkan kami bila kelak dikemudian hari, anak cucu kami, setiap detak jantungnya, setiap hembus nafasnya, akan menentang dan melawan Majapahit dimanapun kami berada.”

  26. kemana hilangnye keturunan raja aceh….. sye and keluarga kerabat raja aceh tengeh mencari orang berketurunan moyang kami,raja shariff berasal dari aceh…sape yg same ngan keturunan kami…sila hubungi kami di tengkukamal@yahoo.com dan jika kamu adalah orang yg kami,sila cerita kan sejarah raja shariff dan tinggal kan sesuatu yg bleh kami hubungi anda dan kami akan tanya adakah keris gading aceh ada diaceh ke tak..klau btul soalan anda..andalah waris yg kami cari..

  27. ratu adil

    selambat-lambatnya kelak menjelang tutup tahun
    (sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu)
    akan ada dewa tampil
    >>>
    Banyak orang meragukan keampuhan ramalan sabdo palon tentang kembalinya ia sesudah 500 tahun. Tapi sebenarnya blog Agama Buddhi sudah lama sekali dibuka meski sekarang sedang tutup. Jadi, Sabdo Palon benar. Adapun banyak orang tak siap tentang kebenaran ini lalu mengganti kata “agama buddhi” dengan “kawruh buddhi/agama budipekerti/kejawen”.

    berbadan manusia
    berparas seperti Batara Kresna
    berwatak seperti Baladewa
    >>>
    Inilah yang disebut mahavatar. ia dewa tapi manusia. manusia tapi dewa. hasil telaah yang baik atas filsafat yogamaya dari Hindu. Ilmu Yogamaya ini lebih tinggi dari ilmu manunggaling kawulo gusti atau wahdatul wujud, karena ia menyatu langsung dengan kreator alam, bukan cuma dengan dewa saja yang setingkat lebih rendah dari kreator.
    Tataran manunggaling kawulo gusti ada di lv 4 meditasi, sedang yogamaya ada di lv 7.

    bersenjata trisula wedha
    tanda datangnya perubahan zaman
    orang pinjam mengembalikan,
    orang berhutang membayar
    hutang nyawa bayar nyawa
    hutang malu dibayar malu
    >>>
    Tak ada istilah basa-basi/obrolan artificial seperti spiritualitas. Segalanya ditindak berdasarkan ilmu halus/agama. Karena sudah pegang senjata Trisula Veda (kehendak, kreatifitas, kreasi), tak berani macam-macam Ratu Adilnya, tak berani basa-basi, tak berani main-main dengan agama.

    sebelumnya ada pertanda bintang pari
    panjang sekali tepat di arah Selatan menuju Timur
    lamanya tujuh malam
    hilangnya menjelang pagi sekali
    bersama munculnya Batara Surya
    >>>
    Kenapa banyak orang salah meramal adalah dikarenakan:
    1. Suka bohong, suka memfitnah, suka bicara palsu/spiritualitas.
    2. Pikiran belum bebas dan sangat terikat pada konsep-konsep.
    Jayabaya adalah time traveler melalui wormholes, dimasa depan ia belajar comdulogy, comtalogy, comtilogy, comcology, compalogy, lalu ia punya ilmu meramal. Karena itu ramalannya tepat.
    Jadi, mau diatur bagaimanapun, disiasati bagaimanapun, ramalan hasil ilmu ini tak bisa diubah oleh orangluar kecuali si peramal itu sendiri yang punya kekuatan mengubahnya.
    Inilah kehebatan ilmu kami. ilmu komunikasi.

    asalnya dari kaki Gunung Lawu sebelah Timur
    sebelah timurnya bengawan
    berumah seperti Raden Gatotkaca
    berupa rumah merpati susun tiga
    seperti manusia yang menggoda
    >>>
    Putra Indra muncul dari Jatim.

    banyak orang digigit nyamuk,
    mati banyak orang digigit semut, mati
    banyak suara aneh tanpa rupa
    >>>
    Efek wirid yang dilantunkannya selama ini berbuah menjadi wabah yang mengincar orang yang hendak melawan.

    pasukan makhluk halus sama-sama berbaris, berebut garis yang benar
    tak kelihatan, tak berbentuk
    yang memimpin adalah putra Batara Indra,
    bersenjatakan trisula wedha
    para asuhannya menjadi perwira perang
    jika berperang tanpa pasukan
    sakti mandraguna tanpa azimat
    >>>
    Semua makhluk halus kepingin perang bersama Putra Indra, karena ini kesempatan cuma sekali dalam kehidupan ini.
    Sebenarnya sangat ramai, tapi yang bisa melihat cuma paranormal, semuanya masuk ke tubuh putra Indra, sehingga bisa menguasai Kungfu Ba.
    Semua orang internet yang pernah diajar pun tiba-tiba tubuhnya jadi berisi dan bersinar, lalu semuanya hilang rasa takut dan datang ke tempat putra Indra.
    Dan semuanya berani maju sendiri-sendiri tanpa perlu teman.

    bergelar pangeran perang
    kelihatan berpakaian kurang pantas
    namun dapat mengatasi keruwetan orang banyak
    >>>
    Karena sering bersetubuh dengan cewek-cewek yang ditemuinya selama perang, Pakaiannya kurang rapi, tapi jawabannya selalu pas.

    yang menyembah arca terlentang cina ingat suhu-suhunya dan memperoleh perintah, lalu melompat ketakutan
    >>>
    Semua suhu Tantrayana yang menguasai magick kemasukan dewa-dewa dan disuruh ikut perang. Lalu dengan ketakutan maju perang.

    putra kesayangan almarhum yang bermukim di Gunung Lawu
    yaitu Kyai Batara Mukti, ya Krisna, ya Herumukti
    >>>
    Putra Indra rupanya Raden Patah anaknya Sunan Lawu.

    menguasai seluruh ajaran (ngelmu)
    >>>
    Disini kaitannya bukan dengan matematik, sosial, dsb tapi kaitannya dengan ilmu beladiri. Sudah jadi pendekar tanpa tanding.

    memotong tanah Jawa kedua kali
    mengerahkan jin dan setan
    >>>
    Dulu tanah Jawa dibabat menjadi muslim
    Sekarang tanah Jawa dibabat menjadi buddhist

    seluruh makhluk halus berada dibawah perintahnya bersatu padu
    >>>
    Didukung Kraton Laut Selatan dan Eyang Sapu Jagad di gunung merapi. Karena itu ia selalu memakai nama paranormal Eyang Sapu Jagad saat sedang meramal di room-room chatting.

    membantu manusia Jawa berpedoman pada trisula weda
    tajamnya tritunggal nan suci
    benar, lurus, jujur
    didampingi Sabdopalon dan Noyogenggong
    >>>
    Jelas ini artinya membantu orang Jawa memahami agama yang disebarkan Sabdo Palon. Agama Buddhi (dulu bernama ciwabuddha). Agama Buddhi adalah tutup atau kulit dari Agama Buddha. Saat pendalaman, maka menjadi kenal buddhism asli.
    Didukung oleh energy Trishula Veda, direkrut oleh Sabdo Palon dan Noyo Genggong.

    tiap bulan Sura sambutlah kumara
    yang sudah tampak menebus dosa
    >>>
    Tiap bulan Sura harus memberi sesajen pada Ratu Adil atau upeti. Tentusaja ini jaman modern bukan lagi dedaunan dan buah-buahan tapi cewek perawan.
    Setiap bulan sura selama ratu adil berkuasa harus memberi perawan.
    Sebagai tanda Ratu Adil sudah tebus dosanya dulu saat tak berbakti pada ortu dan memberi kemungkaran pada tanah Jawa.
    Sambutlah/bikin senang kumara/pemuda ini.

    dihadapan sang Maha Kuasa
    masih muda sudah dipanggil orang tua
    warisannya Gatotkaca sejuta
    >>>
    Muda tapi tua. Tua tapi muda, Akibat master ilmu kekosongan bukan cuma bullshit saja, bisa paham apasaja.
    Sebagai tanda ketinggian ilmunya, ia yang kelahiran kembali Bandung Bondowoso menguasai Ilmu Satu Juta Buddha. Seorang pemimpin yang punya ilmu ini aplikasinya pada pembangunan negara sangat bagus. adil, luas, merata.

    garis sabdanya tidak akan lama
    beruntunglah bagi yang yakin dan percaya serta menaati sabdanya
    >>>
    Ratu Adil akan pindah ke Mekkah sesudah membereskan urusan di Jawa.

    mengerti garis hidup setiap umat
    tidak khawatir tertelan zaman
    >>>
    Ratu Adil sudah tahu berapa umur islam, umur yahudi, umur kristen seluruh dunia.
    Ratu Adil imortal, dalam arti setiap mau mati ia selalu balik lagi dengan ilmu pemutar waktu.
    Di masa mendatang, ramalan Jayabaya bukan seperti ini, tapi berubah.
    Karena itulah Ratu Adil tak bisa mati sampai ada waktu membuat 5 UFO untuk pindah ke planet lain dan moksha di planet itu.

    sudah lulus weda Jawa
    hanya berpedoman trisula
    >>>
    Jika ketemu ratu adil tak usah diajari lagi kejawen dan soal manunggaling kawulo gusti.
    Sekarang yang bagus cuma agama buddhi.

    pantang bila diberi
    hati mati dapat terkena kutukan
    >>>
    Jika diberi tak akan diterima, jika diberi upeti baru diterima.
    yang sok keras pasti dikerjain sampai seumur kosmos, karena ratu adil lintas waktu.

    di hadapan Begawan
    bukan pendeta disebut pendeta
    bukan dewa disebut dewa
    >>>
    Ratu Adil bukan bhikku tapi kepribadian sudah bhikku.
    Ratu Adil bertubuh manusia tapi berkemampuan dewa.

    seperti halnya manusia
    bukan kekuatan lain diterangkan jelas
    bayang-bayang menjadi terang benderang
    >>>
    Orang yang heran diterangkan duduk perkaranya kenapa seseorang bisa hebat, kenapa seseorang bisa tak hebat. Semua itu urusan kamma. Bukan urusan dewa.

  28. Po' Geunireng

    Assalammua’laikum wr wb.

    Pertama,
    saya sangat senang bisa masuk kedalam blok penerang ini.

    Kedua,
    Saya ingin menerangkan tentang Ulee balang, Teuku, Cut dalam trah Kerajaan acheh.

    Kepada pembaca yang budiman agar tidak keliru dalam mempahamkan tentang kedudukan kerajaan acheh darussalam.

    Raja
    Ulee balang
    Teuku
    Cut

    RAJA
    Memang raja yang artinya penguasa suatu bangsa.

    ULEE BALANG
    @ ulee kepala
    @ balang BALA

    TEUKU
    @ teuku
    @ tengku

    CUT
    @ pocut
    @ cut

    Sepaham BETA ;

    Raja yang penguasa Tinggi.

    Ulee balang yang penguasa Rendah.

    Teuku non jabatan.

    Cut two fersi.

    * Mungkin dapat penerang dan selalu berpikir *

    pengkaji sejarah acheh tidak mau jujur.

    Wassalam

  29. hai mandum geutanyo oreung atjeh,beudeoh ta lawan indon nyang ka meunjajah tanyo….ta keulola keudroe nanggroe atjeh nyoe…

  1. 1 sejarah kerajaan acehReferensi Sejarah | Referensi Sejarah

    […] Sejarah bangsa aceh | wahyunansyah […]

  2. 2 sejarah kerajaan aceh darussalamReferensi Sejarah | Referensi Sejarah

    […] Sejarah bangsa aceh | wahyunansyah […]




Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: