Hutang Itu Mulia

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses , paling mendasar diperlukan adalah cara pandang terhadap suatu masalah (mindset). misalnya untuk masalah hutang. bagi orang kebanyakan, hutang adalah sesuatu hal yang amat menakutkan dan memalukan, namun bagi seorang pengusaha, semakin banyak hutang maka semakin banyak yang bisa diperbuat, dan semakin mulialah dia.

Banyak orang berpikir, kalau tidak ada modal maka tidak bisa menjalankan usaha. pernyataan ini tidak selamanya benar bahkan cenderung selalu salah, sebab yang dimaksud dengan modal disini tidak mesti uang kita sendiri, namun bisa kita gunakan uang orang lain, itulah hutang. sisi lainnya adalah, dengan berhutang berarti adanya kepercayaan dari orang, untuk menitipkan uangnya kepada kita, dan hal itu (kepercayaan) merupakan asset yang tak ternilai harganya.

“tapi pak kalau bunganya tinggi gimana..?”. Bunga tinggi sering dikeluhkan oleh penghutang, pengusaha yang berpikir dengan otak kanan berprinsip semakin besar bunga bank, mereka semakin menemukan lahan amal. karena mereka semakin besar menyumbang ke bank.

Jangan pernah berpikir kita yang butuh bank, cobalah dirubah cara pikirnya bahwa BANK LAH YANG BUTUH KITA , sebab dengan memberikan pinjaman pada kita, mereka mendapat keuntungan, dan dengan keuntungan itu mereka membayarkan gaji karyawan-karyawan mereka, sehingga anak istri mereka dirumah juga tercukupi.. hebatkan… betapa mulianya orang yang berhutang…

“pengalaman saya pak, hutang 1 juta saja saya sudah pening..”. Memang begitu kalau kita hutang dalam jumlah sedikit kita akan dibuatnya pening, makanya cari hutang yang banyak BIAR BANKNYA YANG PENING..

“tapi pak, kalau saya enggak sanggup bayar, nanti saya dipenjara”, Tenang… perundang undangan kita belum sampai kesana. semua ini masih masalah perdata bukan pidana. MAU BUKTI..?? yang nilep uang BLBI sampai triliunan rupiah saja sampe sekarang masih bebas..
konon pula yang hanya 1 juta … pahamkan…

Ayo berhutang sebab HUTANG ITU MULIA


  1. purbtm

    bila anda muslim…. rasullulah selalu mengajarkan untuk menjauhi hutang….
    karena hutang itu akan membuat tidur tidak nyenyak…, dan bila saat ajal anda menjemput, sebelum sempat melunasi.. akan menjadi beban yang tidak ringan di akhirat……

    lebih baik sedekah yang iklash… suatu amal yang pasti menguntungkan… jaminannya dari Alloh SWT.

    • Dwi

      menjauhi bukan berarti DILARANG….
      dan bukan berarti HARAM
      so what…
      trus…. bukan berarti orang yang tidak punya hutang tidak punya beban di akherat

    • Faris

      jangan hanya dilihat Hutangnya dong… Rasullullah mengajarkan mejauhi hutang, sebaiknya dibaca lagi deh… hutang yang seperti apa.?? hutang memang membuat kita tidak tidur nyenyak, tetapi lebih baik ada hutang daripada KORUPSI untuk memenuhi yang belum bisa kita penuhi asalkan kitanya yang mampu mengukur kemampuan kita dalam berhutang, jangan punya hutang lebih besar dari penghasilan, akhirnya kita yang tidak bisa bayar cicilan hutangnya, disaat berhutang kita tentu sudah faham akan sebab dan akibatnya, so hutang bukanlah hal yang terlarang apalagi kita berfikiran dan bertindak positif untuk hutang kita, jadi kalaupun Allah SWT berkehendak atas hidup kita, keluarga yang kita tinggalkan masih mampu membayar hutang itu… Berfikirlah dengan luas agar kita tidak sempit memandang hutang… dan bijaksanalah dengan hutang.. sehingga kita tidak diperbudak oleh hutang..

  2. ard1

    Negara punya utang !!! pa lagi kite-2
    ha….ha….ha….

  3. priyo

    biarlah berhutang tapi kalau buat usaha dan hasilnya untuk beramal.alangkah baiknya di banding yang takut hutang dan tidak pernah beramal

  4. priyo

    hutang satu di sedekahkan,allah akan memberi sepuluh,satu untuk bayar utang masih ADA SISA HA HA AH A

  5. yoga

    yg bikin pening bkn utangnya, tapi bisnis apa yg mo dibuka

  6. dessy

    Jika anda muslim, maka yang dibolehkan hutang itu yang gak ada unsur ribanya karena jelas riba itu haram hukumnya. Jadi kalo hutang ke bank anda analogikan sama dengan minjemin uang ke bank = mulia itu sama aja pendapat salah kaprah dan sesat. karena dalam islam itu syarat diterimanya amal baik seseoarang harus berasal dari sumber yang halal juga. Karena kalo dalih ini dipakai bisa2 berzina dengan pelacur jadi halal hukumnya dengan anggapan ngasih sedekah ke orang yang gak mampu secara finalsial…

  7. dedi

    mulia atau tidak tergantung niat awalnya

  8. efendi

    Biarpun hutang kita di Bank banyak gak perlu takut, karena asuransi sudah melindung ikita. Jika kita mati otomatis hutang kita lunas karena yang bayar ke bank adalah asuransi.
    Jadi gak perlu takut. Gak dosa koq karena perjanjiannya seperti itu.
    Kalo kita mati maka utang kita di bank lunas, yang nalangin adalah pihak asuransi.
    resssss beresssss……………….

  9. riba

    bad debt is a slavery…hutang yang buruk adalah sebuah
    perbudakan and
    riba is always bad debt

  10. Susi Mariani

    berhutang kok mulia, bisa menyumbang ke bank sm dgn riba aneh. ini namanya penghalalan segala cara. GA BANGET SARANNYA.

  11. wuryandari hadi

    Ini ilmunya anak2 EU,cara gila jadi pengusaha.
    Jadi pengusahanya kagak,gilanya udah pasti.
    Temen2 pada bangrut semua gara gara ilmu utang itu mulia.

  1. 1 TUJUH KEAJAIBAN DUNIA « Argostar’s Blog

    […] Hutang Itu Mulia […]




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Calender

    Februari 2008
    M S S R K J S
    « Jan   Mar »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    242526272829  
  • RSS Detik-inet

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • udah diintip

    • 409,307 kali

%d blogger menyukai ini: